Selasa, 22 April 2014

paragraf deduktif dan induktif

Paragraf deduktif, yaitu paragraf yang kalimat utamanya terletak pada awal kalimat. Atau Paragraf yang dimulai dengan menjelaskan persoalan pokok atau kalimat utama. Kemudian diikuti dengan kalimat-kalimat penjelas yang berfungsi menjelaskan kalimat utama . Paragraf ini biasanya dikembangkan dengan metode berpikir deduktif, dari yang umum ke yang khusus.
            Dengan cara menempatkan gagasan pokok pada awal paragraf, ini akan memungkinkan gagasan pokok tersebut mendapatkan penekanan yang wajar. Paragraf semacam ini biasa disebut dengan paragraf deduktif, yaitu kalimat utama terletak di awal paragraf.

Ciri – ciri :
-         Letak kalimat utama berada di awal paragraf tersebut
-         Biasanya kalimat tersebut mencakup / memayungi makna dari kalimat – kalimat penjelas    berikutnya
-        Berpola umum – khusus

contohnya :

KOTA – Jarang ada pasar tradisional yang menyediakan layanan kesehatan seperti pasar Songgolangit Ponorogo. Dinamakan pos kesehatan pasar alias poskespas karena ditujukan melayani pedagang dan pembeli. Tingkat kunjungan pasien mencapai 20 orang perhari kendati letak poskespas itu terpencil di dekat area parkir. “Letakya nyelempit, kalau orang baru pasti bingung mencari, ungkap karmini, salah seorang pedagang yang menjadi pasien setia poskespas Pasar Songgolangit, kemarin (16/8).

(yang bercetak tebal merupkan kalimat deduktif)

Paragraf induktif, yaitu paragraf yang kalimat utamanya terletak pada akhir paragraf
 ini dimulai dengan mengemukakan penjelasan-penjelasan atau perincian-perincian, kemudian ditutup dengan kalimat utama. Paragraf ini dikembangkan dengan metode berpikir induktif, dari hal-hal yang khusus ke hal yang umum.

Ciri – ciri  adalah :
-     Kalimat utama berada di akhir kalimat
-     Umumnya kalimat utama disebut juga sebagai kalimat kesimpulan karena menggunakan kata – kata konjungsi sebagai penyimpul antarkalimat
-     Berpola khusus – umum


Contoh :

Jangan pernah belajar “dadakan”. Artinya belajar sehari sebelum ujian. Belajarlah muai dari sekarang. Belajar akan efektif kalau belajar kumpulan soal. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menjawab soal-soal di buku kumpulan soal. Mencocokannya, lalu menilainya. Barulah materi yang tidak dikuasai dicari di buku. Itulah beberapa tips belajar menjelang Ujian Akhir Nasional .

(yang bercetak tebal merupakan kalimat induktif)

Sumber : Minto Rahayu. 2007. Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Jakarta: Grasindo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar