Minggu, 03 November 2013

TEKNOLOGI TERBARU DI CHINA LAMPU BISA MENJADI WIFI

Menurut (tobeeinspired.blogspot) 



Para ilmuwan di China saat ini sedang melakukan penelitian terkait pengembangan teknologi berbasis internet murah. Salah satu penemuan yang berhasil mereka kembangkan adalah mengalirkan internet mengunakan lampu. Dengan memanfaatkan lampu LED, para peneliti ini mampu mengirimkan sinyal wireless pada komputer persis seperti pada mekanisme Wi-Fi.

Keberhasilan penggunaan lampu sebagai pemancar sinyal wireless ini pertama kali diberitakan oleh harian Xinhua News. Dikatakan bahwa prinsip kerja dari teknologi yang kemudian disebut dengan Li-Fi ini adalah menggantikan gelombang radio tradisional yang digunakan untuk mengirim data dengan cahaya dari lampu LED.

Lampu LED yang digunakan dalam teknologi ini bukanlah lampu LED biasa. Lampu-lampu ini telah dilengkapi dengan sebuah microchip yang berfungsi untuk mengatur lalu lintas data. Dengan teknologi ini, para peneliti ini mampu menghasilkan lalu lintas data hingga mencapai kecepatan 150Mbps atau lebih tinggi dari kemampuan lintas data internet yang ada di China saat ini.

Meski menjanjikan, teknologi ini masih memiliki beberapa kekurangan. Salah satu kelemahan yang paling mencolok dari teknologi yang telah dikembangkan sejak tahun 2011 lalu ini adalah fakta bahwa jika cahaya lampu yang dihasilkan oleh lampu LED tersebut terhalang maka sinyal yang dikirimkan juga ikut terhalang.

Saat ini para peneliti di China terus berusaha keras untuk menyempurnakan teknologi ini. Jika teknologi ini berhasil disempurnakan maka internet murah tampaknya bukanlah lagi sekedar mimpi. Teknologi ini sendiri berhasil dikembangkan berkat ide seorang wanita bernama Chi Nan yang merupakan seorang profesor di Fudan University.

Analisis : Wifi itu adalah sesuatu yang sudah kita ketahui pertama-pertama saya jelaskan wifi itu apa,wifi adalah : Wi-Fi merupakan kependekan dari Wireless Fidelity dan pengertian wifi itu sendiri adalah : sekumpulan standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local Area Networks – WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. Standar terbaru dari spesifikasi 802.11a atau b, seperti 802.11 . Pemanfaat teknologi wifi ini berada di lokasi-lokasi publik tertentu seperti restoran,cafe, taman, perpustakaan, ataupun bandara wifi itu sendiri setahu saya digagas tahun 1993 oleh Brett Steward.untuk mengakses wifi seperti internet melalui komputer atau laptop yang mereka miliki di lokasi-lokasi dimana hotspot telah tersedia.
Dengan adanya perkembangan wifi dengan teknologi terbaru di china sangat menarik dan inovatif jadi masyarakat tidak perlu pergi ketempat-tempat tertentu untuk mengakses nya hanya membeli lampu LED yang telah dilengkapi dengan sebuah microchip masyarakat sudah bisa mengakses dimana pun anda berada.tetapi kekurangan pada lampu LED wifi ini sangat merugikan pengguna jika pancaran lampunya terhalang oleh benda atau apapun,mungkin saja penempatan lampu LED ini harus di tengah-tengah sebuah ruangan yang di mana di bawah lampu tersebut tidak ada barang yang menghalangi cahayanya agar sinyalnya selalu ada.
Di China telah menemukan sesuatu yang baru bagaimana dengan Negara kita Indonesia? apa masih menggunakan wifi seperti saat ini yang kita ketahui,yang berada pada tempat tertentu,tidak memperluas cangkupan kepada masyarakat itu sendiri setahu saya untuk mendapatkan wifi itu tidak gratis harus ada persyaratan tertentu seperti membeli /minuman yang tersedia lalu kita akan mendapat “kata sandinya” sangat ribet bukan? kalau Indonesia sudah mempunyai lampu LED seperti di China semua masyarakat bisa dengan mudah mengakses internet dimanapun dia berada


Sumber : http://tobeeinspired.blogspot.com/2013/10/lampu-jadi-modem-internet.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar